Sepatah Kata Dari Admin

Berkata Admin BuduMasham:

"Sekiranya didapati artikel dan tulisan dalam blog ini menyalahi sunnah, maka tinggalkan blog ini, dan ikutilah sunnah. Apa yg baik, diambil, apa yg buruk, jangan segan-segan untuk menegur"

Followers

Tweet!

Like This Blog!

Ahad, 22 Disember 2013

Apabila Redha Manusia Mendahului Redha Ilahi



Ibnu Hazm rahimahullah berkata :

الْعقْلُ وَالرَّاحَةُ وَهُوَ إِطْرَاحُ الْمُبَالاَةِ بِكَلَامِ النَّاس وَاسْتِعْمَال المبالاة بِكَلَام الْخَالِق عَزَّ وَجل، بَلْ هَذَا بَاب الْعقل والراحة كلهَا، مَنْ قَدَّرَ أَنه يَسْلَمُ مِنْ طَعْنِ النَّاسِ وَعَيْبِهِمْ فَهُوَ مَجْنُون

"Kecerdasan dan rileks (istirahat) adalah dengan sikap tidak peduli terhadap perkataan/komentar manusia dan dengan memperdulikan/memperhatikan perkataan sang Pencipta Azza wa Jalla. Ini adalah pintu kecerdasan dan seluruh peristirahatan. Barang siapa yang menyangka ia dpt selamat dari celaan manusia dan cercaan mereka maka ia adalah orang gila." (Al-Akhlaaq wa As-Siyar fi mudawaatin nufuus hal 17)

Sungguh benar pernyataan Ibnu Hazm di atas…, betapapun baik diri anda dan betapa dermawan dan mulia, tetap anda tidak mungkin selamat dari celaan manusia. Lihatlah Nabi shallallahu 'alaihi wasallam yang terkumpulkan padanya banyak sifat yang mulia, kecerdasan, kedermawanan, kelembutan, kefasihan, kemampuan berhujjah…toh beliau tetap dikatakan orang gila, penyair gila, penyihir, bahkan tersihir..!!!

Kerananya anda tidak akan selamat dari perkataan manusia –sama saja apakah keadaan anda sebagai orang baik mahupun sebagai orang buruk-. Jika anda baik, maka akan dicela oleh orang-orang yang buruk. Namun jika anda buruk maka anda akan dicela oleh orang-orang yang baik. Terlebih lagi banyak manusia –baik manusia baik maupun bejat- yang hobinya mengomentari orang lain !!. Jangankan orang yang masih hidup…, bahkan mayat yang telah terpendam berabad-abad pun tidak selamat dari celaan dan makian mereka.


Sebagaimana dikatakan :

رِضَا النَّاسِ غَايَةٌ لاَ تُدْرَكُ

"Keredhaan manusia adalah tujuan yang tidak mungkin tercapai"

Jika demikian, bagaimanapun keadaan anda tetap akan dicela dan dihina- maka hendaknya anda mencari keredhaan Allah. Maka disitulah anda akan menemukan ketenangan, ketenteraman, dan kebahagiaan. Hati anda akan aman dan santai, tidak sibuk memikirkan komentar-komentar orang yang memuji anda, apalagi komentar orang-orang yang memusuhi Anda.

Ibnu Abdis Salaam (Sulthoonul Ulamaa') rahimahullah berkata :

وَفِي رِضَا اللهِ كِفَايَةٌ عَنْ رِضَا كُلِّ أَحَدٍ :

Keredhaan Allah mencukupkan dari keredhaan siapapun…

فَلَيْتَكَ تَحْلُو ، وَالحَيَاةُ مَرِيرَةٌ ، ** وَلَيْتَكَ تَرْضَى وَالأَنَامُ غِضَابُ

Duhai seandainya Engkau manis/redha meskipun kehidupan ini pahit…

Duhai seandainya Engkau redha meskipun seluruh manusia marah…

(Thobaqoot Asy-Syaafi'iyyah Al-Kubroo 8/228)

Tiada ulasan :